Invert Pro

Selamat Datang...

Haiii haiiii Admin kembali lagi.

MULAIJOIN THIS SITE

Saturday, May 14, 2016

LAPORAN ECOMMERCE




BAB
PENDAHULUAN
Latar Belakang
            E commerce selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat bervariasi,sesua dengan perkembangan zaman dan perkembangan zaman dan cara berfikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai  salah satu Negara Berkembang tidak luput dari duia ecommerce.
Secara ringkas e-commerce mampu menangani masalah berikut :
  1. Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual.(“enerprise resource planning” concept)
  2. Integrasi, proses yang terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses. (“just in time” concept)
  3. Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan. (“electronic cataloging” concept)
  4. Interaksi, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept)
  5. Get Free Traffic

  6. Transaksi, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran. (“electronic payment” concept)
  7.  
E-Commerce merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet. Penggunaan sistem ini sebenarnya dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual (retail). Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional. Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat, di internet telah disediakan hampir semua barang yang biasanya dijual secara lengkap. Di sisi lain, pada saat ini bisnis toko bunga di Indonesia khususnya Jawa Timur pun telah berkembang cukup baik [4]. Sudah ada penerapan model bisnis e-commerce pada bisnis tersebut, namun layanan transaksi dan informasi bunga dalam bentuk website umumnya bersifat kaku dan juga kurang menarik. Di tengah semakin tingginya mobilitas masyarakat yang merupakan kandidat konsumen bisnis bunga, website yang hanya diakses melalui PC (personal computer) yang terhubung dengan internet secara langsung masih memberikan sebuah keterbatasan yang membuat berkurangnya peluang untuk terjadinya sebuah transaksi pada bisnis bunga tersebut.
1.2 Tujuan
Tujuan dari tugas ini adalah untuk memperkenalkan konsep rental Peminjaman Berbagai Jenis Lapangan berbasis e-commerce melalui mobile web application, pelayanan via SMS dan juga aplikasi. Dengan ini dapat mempermudah pebisnis penyewaan Lapangan baik fudsal atau sebagainya dalam memasarkanTempatnya serta konsumen dalam melakukan transaksi.

1.3 Manfaat
Teknologi SMS Gateway dan Mobile Web Application serta pengembangan aplikasi J2ME diterapkan untuk menjawab tantangan mobilitas masyarakat yang terus berkembang. Dengan ini membuka wawasan pebisnis Pentewaan Lapangan/tempat untuk mengoptimalkan teknologi yang ada dan familiar di masyarakat untuk mendukung pengembangan bisnisnya. Konsep multi touch point yang diberikan akan mengoptimalkan potensi pasar Penyewaan Tempat/lapangan karena informasi dan juga kemudahan dalam bertransaksi telah diberikan, sehingga akan dicapai keuntungan dan keunggulan bisnis yang lebih optimal pula. Penerapan ini juga sebagai salah satu usaha untuk berkontribusi dalam pengembangan tren e-commerce (electronic commerce) menjadi m-commerce (mobile commerce) di Indonesia, dimana tren m-commerce sudah cukup berkembang di luar negeri. Hasil yang dikeluarkan oleh penelitian tugas akhir ini adalah sebagai berikut: sebuah sistem SMS Gateway dengan menggunakan open source engine yaitu Gammu yang mendukung bisnis Penyewaan tempat/Lapangan, sebuah aplikasi J2ME untuk mengirim pengiriman Image Capture dari perangkat mobile konsumen, sebuah aplikasi backend PHP dengan CodeIgniter Framewor
1.4 Tujuan
            Tujuan Pembuatan Laporan ini untuk membuat rancangan inovasi tentang Penyewaan Lapangan/tempat berbasis E-Commerce dan M-Ecommerce.
BAB II
2.1 Fitur dan Fasilitas Aplikasi atau Web
          Kami memberikan desain yang simple, bersih dan tidak membingungkan yang dimana hali ini dapat menjadikan kustomer datang kembali ke toko online anda untuk kembali berbelanja.

Tidak hanya memberikan kemudahan untuk kustomer, e-commerce atau toko online kami juga memberi kemudahan bagi pemilik atau pengelola website anda. Dengan halaman admin yang simple akan sangat memudahkan anda untuk mengelola produk-produk anda.


Fasilitas yang dimiliki E-Commerce atau Toko Online kami :
·         software yang dapat diupdate
·         katalog produk tidak terbatas
·         keranjang belanja
·         pembayaran offline ( credit card, transfer bank, cash, dll. )
·         pembayaran online menggunakan pihak ketiga ( PayPal, GoogleCheckout, etc. )
·         protokol keamanan data (SSL)
·         manajemen Pengiriman
·         akun untuk anggota
·         manajemen order
·         laporan penjualan
·         program khusus untuk anggota
·         manajemen berlangganan bagi kustomer
·         manajemen diskon atau promo
·         lainya, jika diperlukan
Website e-commerce atau toko online kami akan mampu menjadikan anda sebagai pesaing yang tangguh bagi kompetitor anda




2.2 Rencana Domain
1. Generic Top Level Domain (gTLD) adalah domain – domain level tertinggi (internasional) di internet, yang merupakan nama domain berdasarkan jenisnya
Contoh :
  • .com (dot commercial)
  • .net (dot network)
  • .org (dot organization)
  • .info (dot info)
  • dll

  • .co.id untuk domain komersial, badan usaha dan sejenisnya
  • .or.id untuk domain organisasi/yayasan
  • .net.id untuk domain penyedia jasa telekomunikasi yang berlisensi
  • .ac.id untuk domain akademik, universitas, perguruan tinggi dan sejenisnya
  • .sch.id untuk domain sekolah
  • .go.id untuk domain institusi pemerintah dan sejenisnya
  • .web.id untuk domain pribadi atau komunitas

Jadi Rencana kami akan menggunakan domain .co.id atau .com



2.3 Rencana Software dan Hardware/server yang akan digunakan
Magento
                Magento menyediakan semua fitur dan alat untuk membangun website E-commerce secepat mungkin. Berikut ini adalah fitur Magento:
·         Analytics and Reporting, adalah fitur script terintegrasi dengan Google Analytics dan menawarkan banyak laporan yang berbeda.
·         Product Browsing, adalah fitur beberapa gambar untuk produksi pilihan yang luas, afatar keinginan dan banyak lagi.
·         Catalog Browsing, adalah fitur navigasi yang mudah, sistem produk penyaringan lanjutan.
·         Payment, adalah metode pembayaran yang berbeda yaitu seperti: Kartu kredit, PayPal, Authorize.net, Google Checkout, sek, wesel, dukungan modul pembayaran eksternal seperti CyberSource, Epay,eWAY, dan banyak lagi.
·         Shipping, adalah fitur pengiriman ke beberapa alamat, wisatawan pengirim tetap, mendukung UPS, UPS XML, FedEx, USPS dan DHL.
·         Search Engine Optimization, adalah fitur Search Engine Friendly dengan dukungan SiteMap Google.
·         Internaltional Support, adalah fitur beberapa bahasa dan mata uang, daftar nama negara diperbolehkan untuk pendaftaran, pembelian dan pengiriman, lokalisasi.
·         Marketing Promotions and Tools, adalah fitur Voucher, diskon dan pilihan promosi berbeda.
·         Site Management, adalah fitur kontrol beberapa situs web, beberapa bahasa, tarif pajak dengan dukungan untuk AS dan pasar internasional, prospek disesuaikan melalui template.
CloudMediaBiz karena memiliki server super cepat karena menggunakan server dual xeon disandingkan hardisk Raid-10



BAB III
3.1 Rencana Pembuatan
            Selama ini, beberapa orang beranggapan bahwa membuat website itu sangatlah sulit. Padahal sebenarnya membuat website itu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu berimajinasi untuk mendesign tampilan website yang akan anda buat. Gampang kan? Hehe J sekarang kita perlu untuk menyusun daftar rencana pembuatan website.
Pertama, pilih dan tentukan nama domain. Kalau bisa, buatlah nama domain yang gampang untuk dihafal. Ketika anda harus mempersiapkan nama website anda. Saya akan memberikan arahan bagaimana cara memberikan nama website dengan baik. Anda bisa mengambil dari :
Ø  Nama Perusahaan anda, misalnya perusahaan anda bernama PT. xxx, maka anda bisa menggunakan nama domain diantaranya :
-          xxx.com
-          xxx1i.com
-          superxxx.com

-          dan sebagainya

Ø  Nama Produk anda, misalnya nama produk anda adalah “Gaun” maka anda bisa menggunakan nama sebagai berikut :
-          gaun.com
-          gaunislami.com
-          dan sebagainya
masih sangat banyak nama-nama yang bisa anda jadikan nama website anda, kembali lagi ke kreativitas anda. Setelah anda sudah menentukan nama yang tepat untuk digunakan sebagai nama website anda, selanjutnya anda bisa memilih extention nama domainnya, berikut macam-macam nama domain yang dikaitkan dengan keperluannya :
Ø  Domain Internasional
-          com [ untuk keperluan komersil ]
-          org [untuk keperluan organisasi ]
-          net [untuk keperluan network ]
-          info [untuk keperluan informasi ]
-          biz [untuk keperluan bisnis ]

Ø  Domain Lokal Indonesia
-          co.id [untuk keperluan perusahaan ]
-          or.id [untuk keperluan organisasi ]
-          ac.id [untuk keperluan akademik/universitas ]
-          sch.id [untuk keperluan sekolah ]
-          go.id [untuk keperluan pemerintahan ]
-          war.net.id [untuk keperluan warnet ]
-          web.id [untuk keperluan bebas ]

terdapat banyak domain Lokal maupun Internasional, keduanya sama saja. Keduanya sama-sama bisa diakses dan kecepatannya juga sama. Yang membedakannya adalah kalau domain yang berakhiran .id berarti domain yang berdomisili di Indonesia. Untuk lebih jelasnya tentang nama domain ini anda bisa mengecek apakah nama domain anda sudah ada memakai atau belum di www.netsol.com
Kedua, Content / Isi Website. Anda harus sudah siap dengan content yang akan dimasukan ke dalam website anda. Agar content yang sudah anda siapkan bisa masuk ke dalam website harus didisain terlebih dahulu, bila anda kesulitan akan proses pendisainan anda bisa konsultasikan kepada yang ahli atau anda bisa memberikan tugas ini kepada para web designer atau web developer. Anda juga bisa memakai tools yang sudah disediakan atau template dari program Web designer seperti Front Page ataupun DreamWeaver.
Ketiga, Publishing Online. Langkah terakhir adalah anda berlangganan webhosting dan gunakan paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setelah anda sudah berlangganan webhosting maka anda akan diberikan akses untuk pembulikasikan content (isi) website anda berserta nama domainnya. Kemudian seluruh para pengguna internet diseluruh dunia dapat melihat website anda dan membaca segala informasi yang ada didalamnya. Hal inilah yang dapat menjadikan media promosi untuk perusahaan maupun produk anda. Anda bisa mencari webhosting lokal maupun luar negeri di Yahoo maupun Google.
Kira kira diatas Memerlukan waktu 6 bulan pembuatan dengan biaya total sekitar 2 Jt.

3.2 Rencana SDM dan Job desk
          Ringkasan dari peran

Menghasilkan dan memperbarui konten website (produk, konten, promosi)
Bekerja sama dengan lembaga untuk membangun lalu lintas & penjualan melalui website (lembaga PPC, penyedia pemasaran email, penyedia e-commerce, dll)
Rencana, menentukan dan melaksanakan perubahan situs dan perbaikan fungsional
Memelihara dan memperbarui rencana pemasaran online untuk website
Memonitor indikator kinerja utama pada website dan mengembangkan rencana untuk meningkatkan mereka
Pengalaman Key

Pemahaman tentang disiplin yang diperlukan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web ritel (ppc, pemasaran email, generasi Link, pr online, SEO, pemasaran offline dan pr, program afiliasi, dll)
Pemahaman pemenuhan pesanan manajemen / pelanggan dalam konteks e-commerce
Pengalaman menggunakan paket seperti Excel dan Photoshop
Melek komputer dan pemahaman tentang teknologi dasar web (FTP, browser, HTML dasar, file data)
Akrab dengan manajemen data
Pengalaman sebelumnya dari situs atau e-commerce CMS
pemahaman dasar tentang produk Google seperti Webmaster Tools & Analytics akan diinginkan
Pengalaman Magento akan ditambah
tanggung jawab rinci akan mencakup:

Situs web

Memperbarui informasi produk dan konten di website
Membuat banner, gambar, promosi dll untuk ditampilkan di website (menggunakan produk seperti Photoshop)
daerah berhasil memperbarui konten (copy & karya seni)
Mengelola website konfigurasi & parameter (misalnya pilihan pembayaran, manajemen stok)
Menyelidiki dan melaporkan setiap masalah operasional / teknis yang timbul
Lingkup dan dokumen situs yang sedang berlangsung fungsional proyek / perbaikan
Menguji dan menyebarkan fungsional proyek / perbaikan
Berhubungan dengan lembaga e-commerce mengenai hari ke hari manajemen website
Berhubungan dengan sumber daya internal mengenai hari ke hari manajemen website
Mengevaluasi pendekatan & strategi untuk meningkatkan penjualan situs konversi & keterlibatan pelanggan
Pemasaran

Memahami dan mengembangkan sumber lalu lintas (& faktor-faktor yang mempengaruhinya): email, SEO, PPC, afiliasi, sosial media, katalog dll
Bekerja sama dengan lembaga atau di-rumah tim untuk melaksanakan dan kampanye dukungan
Menyelidiki, mengevaluasi dan menilai cara-cara baru menghasilkan tambahan traffic / pesanan
Menghasilkan laporan untuk menganalisis kinerja semua kampanye pemasaran online dan promosi (melalui laporan, analisis, survei dll)
Pengukuran
Untuk memenuhi dan melampaui semua tujuan kinerja yang disepakati (penjualan, konversi, keterlibatan)
perbaikan terus-menerus kepuasan pelanggan
Memenuhi tingkat layanan internal untuk kegiatan website dan manajemen
Mempertahankan tingkat layanan untuk bisnis
BAB V
1. Classifieds / Daftar Iklan Baris
Bentuk bisnis yang pertama adalah classifieds atau daftar iklan baris. Bentuk bisnis ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari usaha e-commerce  yang ada. Itu karena bentuk bisnis ini mempunyai ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli yang terjadi. Dalam bentuk bisnis ini, pihak perusahaan e-commerce  hanya menjadi media yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu tempat.
Ciri-ciri dari bentuk bisnis classifieds atau daftar iklan baris adalah web penyedia layanan e-commerce tersebut sama sekali tidak terlibat atau memfasilitasi secara langsung transaksi jual beli online yang berlangsung. Ciri yang kedua adalah dalam memanfaatkan layanan e-commerce tersebut, siapa saja yang ingin menjual barang yang dimilikinya bebas melakukan hal tersebut kapan dan dimana saja secara online. Ciri lain dari bentuk ini adalah pihak e-commerce mendapatkan keuntungan dari iklan premium yang terpasang pada website tersebut.



Penyedia layanan e-commerce di Indonesia yang menggunakan bentuk bisnis ini antara lain BerniagaTokoBagus dan juga OLX. Hingga saat ini OLX menjadi jaringan perusahaan  e-commerce yang terlama yang ada di Indonesia dan masih tetap eksis hingga saat detik ini. Selain ketiga e-commerce tersebut, Kaskus FJB(forum jual beli) pada dasarnya juga menganut bentuk bisnis ini karena selama proses transaksi pihak Kaskus sendiri tidak memberikan keharusan bagi para penjual atau pembeli menggunakan layanan transaksi apapun yang mereka sediakan. Dalam sistem pembayarannya pun, para penggiat Kaskus FJB banyak yang menggunakan metode COD atau cash on delivery. Secara umum tipe e-commerce ini lebih cenderung digunakan oleh para penjual yang hendak menjual barang bekas atau yang jumlahnya terbatas.
2. Marketplace C2C (Customer to Customer)
Yang membedakan antara bentuk bisnis ini dengan bentuk classifieds adalah selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang daganganya, pihak e-commerce juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Hal tersebut juga menjadi ciri utama dari bentuk bisnis e-commerce Marketplace C2C. Pada umumnya pihak e-commerce akan memberikan layanan Escrow atau rekening pihak ketiga.
Fungsi dari Escrow tersebut adalah sebagai jembatan antara penjual, pembeli dan pihak e-commerce. Jika sudah terjadi kesepakatan pembelian, pembeli harus mentransfer dana kepada pihak escrow. Baru setelah dana  dikonfirmasi masuk ke escrow, penjual bisa mengirimkan barangnya para pembeli. Dan setelah pembeli mengkonfirmasi kedatangan barang, maka pihak escrow akan memberikan uang nya ke penjual. Selain lebih aman, dengan menggunakan jasa escrow jika tiba-tiba terjadi masalah dengan barang, dana akan bisa segera dikembalikan pada pembeli. Pada situs Kaskus FJB  (forum jual beli), jasa escrow lebih dikenal dengan nama Rekber atau rekening bersama.
Perusahaan e-commerce yang mengadopsi bentuk bisnis ini antara lain Tokopedia dan Lamido. Perusahaan tersebut akan mendapatkan keuntungan dari sistem iklan premium dan juga adanya komisi dari jasa escrow. Bagi anda para penjual yang memiliki barang dengan jumlah yang cukup banyak, bisa mencoba menjadi penjual para bentuk bisnis  e-commerce yang satu ini.
3. Shopping Mall
Bentuk bisnis e-commerce Shopping Mall, semua proses serta layanannya kurang lebih sama dengan bentuk bisnis Marketplace C2C yang membedakan antara keduannya adalah penjual yang ada pada e-commerce tersebut. Pihak yang bisa masuk menjadi penjual di e-commerce tersebut hanyalah brand-brand besar yang telah mempunyai nama di pasar lokal atau pun internasional.
Untuk masuk pun membutuhkan proses verifikasi yang tidak mudah. Dari segi keuntungan, pihak ecommerce bisa menarik komisi dari penjual yang notabenenya brand besar tersebut. Dengan begitu pendapatannya pun bisa lebih besar. Hingga saat ini, di Indonesia bentuk bisnis ini baru diterapkan oleh satu e-commerce yaitu Blibli.
4. Toko online B2C (Business to Consumer)
Pada dasarnya bentuk bisnis ini lebih berfokus pada penjualan barang atau produk milik perusahaan e-commerce itu sendiri. Sehingga semua keuntungan dari penjualan produk murni dimiliki oleh perusahaan e-commerce dan tidak dibagi dengan pihak lain.
Jenis bisnis ini merupakan salah satu bentuk yang paling berkembang di Indonesia, namun dalam pengembangan bentuk bisnis ini tentunya juga tidak mudah. Selain diperlukan modal yang sangat besar, ketersediaan pasokan barang serta sistem penjualan semuanya harus dihandle sendiri oleh pihak e-commerce.
Beberapa perusahaan e-commerce yang menerapkan bentuk bisnis ini antara lain Lazada,Bhineka, dan Berry Benka. Namun seperti halnya Lazada juga masing memiliki sistem layaknya Marketplace C2C yang dapat menerima penjual mandiri yang memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin ketersediannya.
5. Sosial Media Shop
Bentuk bisnis e-commerce yang terakhir adalah sosial media shop. Bentuk ini bisa dikatakan muncul seiring perkembangan sosial media yang makin menanjak. Potensi dari sosial media tersebut kini dimanfaatkan langsung oleh perusahaan e-commerce dengan membangun bisnis yang berbasis pada sosial media tersebut.
Saat ini sosial media yang menjadi lahan utama perkembangan bentuk bisnis ini masih didominasi oleh Facebook, namun dengan pergesaran tren sosial media yang terjadi akhir-akhir ini juga telah membuka pesaing baru seperti Instagram dan juga Twitter.
E-commerce di Indonesia yang menyediakan bentuk bisnis ini adalah  Onigi. Keuntungan dari bentuk ini adalah dari segi pemanfaatan banyaknya konsumen yang berasal dari sosial media tersebut dan juga kemudahan dalam pembuatannya.

Dengan lebih mengenal bentuk bisnis ecommerce tersebut, bisa menjadi tambahan informasi terutama bagi anda yang berniat menjadi penjual online. Memilih jenis ecommerce yang tepat akan membantu bisnis yang anda jalankan berkembang lebih pesat dan akhirnya mendatangkan keuntungan yang lebih besar tentunya.
Load disqus comments

0 komentar